Monday, October 29, 2007

Shalat Ied Kemarin

Lebaran kemarin, aku merayakannya tanggal 13 Oktober 2007. Sebenarnya berharap Pemerintah dan Umat Islam bersatu mengenai kapan 1 syawal. Kalo aku ya berharap tanggal 12 Oktober 2007 lebarannya. Tapi apa dikata, ternyata pemerintah menetapkan tanggal 13 Oktober, ya udah ikut aja.... lagipula di keluargaku sebagian besar mengikuti NU (hampir gak ada yang merujuk Muhammadiyah). Bagiku, NU apa Muhammadiyah gak penting, yang terpenting kita harus menghargai perbedaan pendapat. Tapi, memang selalu ada pertanyaan dalam pikiranku,”Bisa gak ya Indonesia suatu saat nanti lebarannya gak beda2 tanggal 1 syawalnya?”

Seperti biasa lebaran, Shalat Ied-nya aku ikut di alun-alun Kebumen, karena sunnahnya Shalat Ied dilakukan di tanah lapang. Alhamdulillah sejak SMA aku shalat Iednya di alun-alun. Mikir juga, kalo di alun-alun yang merupakan tempat shalat yang digunakan oleh warga dari berbagai penjuru, paling gak aku pasti ketemu sama teman-teman, baik temen SMP maupun SMA. Mhhh.... itu kan salah satu silaturahim....

Shalat Ied kali ini aku berangkat bareng Istri, serta Adikku Fari dan Ita. Biasanya Adikku Epul ikut juga di alun-alun, tapi dasar cowok bangunnya susah dan mandinya telat jadi aku tinggal aja deh... Kayaknya dia shalat Ied di Mushola deket rumah. Kami berempat ternyata berangkat mepet waktu shalat, terbukti beberapa detik setelah tiba di alun-alun Shalat Ied langsung dimulai. Mmmhh... alhamdulillah gak telat.

Abis shalat dengerin khotbah. Sunnahnya memang abis shalat ied kita harus mendengarkan khotbah Idul Fitri. Dan itu yang kadang dilupakan orang, abis shalat Ied biasanya langsung ngacir dah... keburu ada acara di rumahnya kali.....
Selesai khotbah, kita pulang lewat jalan yang beda, biar pahalanya lebih banyak. Dan momen pulang itu yang biasanya mempertemukan dengan teman-teman. Seperti Ied kemarin, ied kali ini aku juga ketemu dengan teman SMA. Ada Unggul, Budiawan, Aan+Istri, dan tambah Afian.
Ied 1428 H
Kalo lebaran kemarin, kita semua masih single, waktu itu berempat: aku, Unggul, Budiawan, Aan.... sekarang dah ada yang punya pendamping..... dan ketambahan satu temen lagi yang bertemu untuk diajak poto.
Ied 1427 H
Kayaknya momen Ied kayak gini berulang. Gak tau tahun depan, bisa gak ya ketemuan lagi seperti ini dan mungkin sudah ada yang bertambah keluarga.....

No comments:

Post a Comment