Wednesday, May 15, 2013

Hari ini 10 Tahun yang Lalu : Saat Florentia Viola kembali Menjadi FIORENTINA

Tahukah Anda, bahwa pada 15 Mei 2003 (10 Tahun yang Lalu), pemilik Fiorentina Diego Della Valle membeli kembali nama FIORENTINA dan berhak menggunakan nama tersebut beserta catatan-catatan statistik dan sejarahnya? Ya, FIORENTINA yang dinyatakan bangkrut pada musim 2002 dinyatakan tidak dapat mengikuti kompetisi serie B akhirnya bereinkarnasi menjadi Florentia Viola dan memulai perjuangannya di serie C2 pada musim 2002/2003. Hanya semusim di C2 dan memastikan juara pada bulan Mei 2003, Florentia Viola mendapat hadiah yang sangat berarti dari Diego Della Valle. Yup... FIORENTINA kembali di kancah persepakbolaan Italia.

--- ini salah satu kutipan berita pada hari tersebut (15/05/2003):

Sejarah Viola
Untuk musim depan, klub kota Florence (Florentia Viola) akan disebut kembali dengan nama Fiorentina serta menggunakan jersey kebanggaan warna ungu setelah Della Valle membeli hak nama dan sejarah Fiorentina dengan biaya sekitar 2,5juta (Euro?) pada lelang semua properti yang dimiliki oleh klub pada saat kebangkrutan mereka musim panas lalu.



Degradasi karena bangkrut 
Juara Italia dua kali ini sebelumnya diturunkan tiga divisi dari Serie A ke tingkat kompetisi profesional terendah Italia yakni Serie C2 tahun lalu dan dipaksa untuk mengadopsi nama baru, Florentia Viola, dengan jersey putih dengan garis ungu horisontal.
Promosi
Awal bulan lalu Viola meyakinkan langkah pertama mereka untuk kembali menjadi klub top Italia ketika mereka memenangkan promosi ke Serie C1. Berita hari ini tentang kembali digunakannya nama FIORENTINA untuk musim depan merupakan langkah selanjutnya untuk klub yang menarik kehadiran rata-rata 25.000 musim ini, meskipun mereka berlaga di kompetisi serie C2.

Sebuah Hadiah yang Fantastis 
Kapten Angelo Di Livio, yang tetap memperkuat masa depannya tetap di klub setelah Piala Dunia musim panas lalu (2002), mengatakan: "Kami selalu berpikir kami bermain untuk Fiorentina yang sama, tapi Della Valle memberi kami hadiah yang fantastis hari ini. Ini adalah sejarah besar..






Pertandingan Persahabatan
Klub akan merayakan promosi mereka ke Seri C1 dengan pertandingan persahabatan pada hari Senin (19/05/2003) ketika pihak Fiorentina saat ini akan melawan tim yang terdiri dari Skuad Fiorentina 1995/1996 yang memenangi Piala Italia. Mantan pelatih Claudio Ranieri, sekarang dengan Chelsea FC, akan kembali untuk acara ini serta diperkuat oleh Batistuta, Rui Costa dan Toldo.


No comments:

Post a Comment