Saturday, May 12, 2007

(maha)siswa

Dulu...7 tahun yang lalu, saat bulan pertama saya menapakkan kaki di kampus cinta dapet kuliah umum pertama (istilahnya Studium General, red) temanya tentang menyiapkan cara belajar ketika di Perguruan Tinggi. Tapi bukan isi inti dari SG itu yang pengen saya sampaikan di sini. Melainkan mengenai intro-nya. Si pembicara mengatakan, bahwa di Indonesia aneh. Kenapa orang yang belajar di Perguruan Tinggi dinamakan Mahasiswa. Apa yang membedakan mereka dengan siswa yang sekolah di SD-SMA? Padahal di Luar Negeri saja gak ada istilah mahasiswa (Super Student?), yang ada cuma student. Weits, saya yang baru bangga2nya masuk PTN dan berubah status jadi lebih keren:mahasiswa, sebenernya gak terima ama pendapat itu, karena ada perbedaan menurut saya, salah satunya yang menunjukkan kesuperannya yaitu mahasiswa adalah sebagai agen peubah (agent of change) yang bisa membalikkan situasi politik (contoh kasus adalah reformasi 98) dan juga sebagai penggalang gerakan moral. pokoknya gak terima kalo mahasiswa disamain dengan siswa. Mahasiswa bisa berpikir lebih luas, dalam sebuah visi kebangsaan. dan buah pikiran mahasiswa itulah yang diharapkan berperan penting dalam gerakan moral mahasiswa menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini.
Tapi kok ya sekarang saya jadi bingung... banyak kelakuan mahasiswa yang menyimpang dari "kesuperan" mahasiswa. Yang baru2 ini terjadi adalah tawuran mahasiswa fakultas teknik di salah satu universitas di Makassar (kok kayak anak STM aja pake tawuran...apa pada gak bisa berpikir dewasa ya?). Juga konflik yang terjadi di UISU di Medan, kok ya ada mahasiswa yang ikut memperkeruh suasana dalam konflik internal pemilik yayasan tersebut (kayak anak kecil ikut2an rame2an...). Harusnya mahasiswa bisa lebih netral dan tidak memihak salah satu kubu yang bertikai apalagi sampai berbuat anarkis (diberitakan mahasiswa dan masyarakat ikut2an dalam aksi lempar batu dengan pihak kampus). Kalo kampusnya hancur, yang rugi sapa coba? Mahasiswa juga to?

Ah, jadi inget kampus cinta...hampir gak pernah ada kisruh di sana, antar mahasiswa, antar mahasiswa dgn birokrat kampus, dan antar elemen mahasiswa. Yah...damai.

No comments:

Post a Comment